Terima kasnih anda telah berkunjung di ibnuhasbie.blogspot.com

Postingan Populer

Senin, 05 Juli 2010

Keutamaan Surat Al-Waqi’ah

Saya Sarankan Anda Baca Juga



Keutamaan Surat Al-Waqi’ah

Kawan, dulu saya teringat almarhum kakek-kakek saya, اللهم اغفر لهم وارحمهم وعافهم واعف عنهم  setiap kali habis shalat subuh selalu membaca Ayat-ayat Al-Qur'an hingga mata hari mulai meninggi. Disuatu kesempatan sekitar jam 8 pagi ketika orang-orang memulai kesibukan mereka masing-masing, saya bertanya kepada mereka " Kakek.. apa faedahnya baca Qur'an setiap menjelang terbit mata hari ? " Kakek menjelaskan bahwa kita harus mengawali kehidupan siang dengan banyak membaca Qur'an, terutama Surat-surat yang banyak mengandung keutamaan seperti Surat Alwaqi'ah, Surat Yasin, Surat Al-Rahman As-Sajadah dan banyak lagi lainnya. Kemudian beliau menjelaskan beberapa keutamaan Surat-surat diatas diantaranya Surat Alwaqi'ah yang garis penjelasannya adalahSabda-sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh para sahabat beliau seperti :


Ubay bin Ka’b berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Wâqi’ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” .” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Komentar :

ada 0 komentar ke “Keutamaan Surat Al-Waqi’ah”

Posting Komentar

RAINBOW COLLECTION Rp. 295,000,-

RAINBOW COLLECTION Rp. 295,000,-

FRIZYGREEN COLLECTION Rp. 465,000,-

FRIZYGREEN COLLECTION Rp. 465,000,-

TUPPERWARE

TUPPERWARE
Hang Out Set (Termasuk tas) Rp. 149,000,-

SIMPLY HEALTHY SET

SIMPLY HEALTHY SET
SIMPLY HEALTHY SET Rp. 195,000,-

Berita Utama | Nasional

BACA JUGA LAINNYA

 
Editor template ibnuhasbie | Untuk template Catatan Harian