Terima kasnih anda telah berkunjung di ibnuhasbie.blogspot.com

Postingan Populer

ARSIP

Jumat, 11 Juni 2010

Google Site Sebagai Web File Hosting

Saya Sarankan Anda Baca Juga



Postingan saya ini berkaitan dengan postingan sebelumnya yaitu mempercepat loading blog dengan cara yang mudah dimana sobat baisamusthafa menanyakan tentang Google Site sebagai file hosting.



Saya asumsikan kalo sobat mempunyai akun Gmail karena untuk mendaftar Google Site harus mempunyai akun Gmail dulu. Masalahnya, sekarang kalo mau membuat akun Gmail baru susah karena harus mengirim nomor telp sobat untuk mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirim lewat sms ke nomor telp sobat tersebut (saya katakan susah karena saya belum pernah berhasil dengan cara yang baru ini. Berulang kali saya masukkan nomer telp saya untuk mendapatkan sms kode verifikasi tetapi sms dari Gmail yang berisi kode verifikasi yang saya harapkan gak pernah datang, hikss..hikss..) tapi untungnya kemarin2 saya sudah punya 3 akun Gmail, hehehehehe... (ada yang lebih dari 3 akun Gmailnya??)

Berikut ini langkah2 menjadikan Google Site sebagai tempat file hosting. Saya menggunakan akun Gmail saya yang lain dalam hal ini.

1. Jika sobat belum pernah masuk ke Google Site dengan akun Gmail sobat, maka akan muncul tampilan seperti berikut :google site file hostingklik gambar untuk memperbesar


Sobat tinggal masukkan saja password akun Gmail sobat.

2. Muncul tampilan baru. Klik Create Site

3. Akan muncul tampilan baru. Pilih Blank Template (pilih template yang lain juga tidak masalah tapi kalo saya Blank template karena hanya untuk menyimpan file2 saja) dan isi kolom Name your site sesuai keinginan sobat

4. Jika sudah, muncul tampilan baru lagi dan klik Create Page. Create Page ini seperti Label pada postingan blog. Sobat bisa buat Page baru (lagi) untuk mengelompokkan jenis2 file yang sama.
Misalkan Create Page-nya dengan nama Template

5. Jika sudah akan muncul tampilan seperti berikut

google site hosting
In adalah tampilan utama untuk mengupload file dan sebagai gudang filenya. Misalnya, sobat pengen mengupload file css blog sobat, sobat klik saja Attachment dan browse dimana file file css tersebut disimpan dikomputer sobat.

File yang terupload ke Google Site akan mempunyai 2 link, yaitu Remove dan Download. Untuk menggunakan file css tersebut di blog sobat, tinggal kopi saja linknya yang ada pada file tersebut dengan cara klik kanan pada link Remove ato Download. Link filenya akan seperti dibawah ini

http://sites.google.com/site/irengajah/template/testing.css?attredirects=0&d=1

Untuk menggunakan, hapus saja tulisan yang berwarna merah seperti contoh diatas sehingga cukup seperti in saja yang dipakai

http://sites.google.com/site/irengajah/template/testing.css

Ada yang ketinggalan tentang cara untuk mempercepat loading blog. Jika blog sobat menggunakan file css atau file javascript untuk widget blog sobat dimana file tersebut ditempatkan dibawah kode ]]></b:skin>, misalnya untuk widget related post, tabview, slider image atau yang lain, usahakan file2 tersebut berada dalam satu alamat web file hosting yang sama. Kenapa?? Karena dengan file hosting yang berbeda, bisa jadi alamat server file hosting tersebut juga berbeda dan jika koneksi salah satunya sedang bermasalah, tentunya juga akan menggangu loading blog kita. So, akan lebih baik jika file2 tersebut berasa dalam 1 alamat.

Disamping itu juga, jika suatu widget mempunyai beberapa kode file, misal slideshow1.js, slideshow2.js, ada baiknya file2 tersebut digabung menjadi 1, misalnya menjadi slideshow.js


Note :
- Ada penurunan ukuran blog lagi setelah saya menggabungkan file javascript untuk menu accordion jika dibandingkan hasil pada postingan mempercepat loading blog padahal sudah ada tambahan 5 postingan

- Link diatas juga berlaku untuk file2 yang ingin sobat bagi ke orang lain untuk di download. Tinggal masukkan saja linknya pada file yang akan dibagikan.

- Google Site juga bisa digunakan sebagai sarana ngeblog juga seperti Blogger atau WordPress tapi saya belum pernah mencobanya

- Google Site buat saya sendiri lebih handal terutama dalam hal koneksi servernya jika dibandingkan file hosting yang lain karena tau sendiri, Mbah Google yang punya gitu loh..

Komentar :

ada 0 komentar ke “Google Site Sebagai Web File Hosting”

Posting Komentar

RAINBOW COLLECTION Rp. 295,000,-

RAINBOW COLLECTION Rp. 295,000,-

FRIZYGREEN COLLECTION Rp. 465,000,-

FRIZYGREEN COLLECTION Rp. 465,000,-

TUPPERWARE

TUPPERWARE
Hang Out Set (Termasuk tas) Rp. 149,000,-

SIMPLY HEALTHY SET

SIMPLY HEALTHY SET
SIMPLY HEALTHY SET Rp. 195,000,-

Berita Utama | Nasional

BACA JUGA LAINNYA

 
Editor template ibnuhasbie | Untuk template Catatan Harian